Monday, March 14, 2011

Gadis-gadis Di Sikat Botol Lantai Dua

Di tengah membaca study guide tentang menjadi menejer untuk dunia seni dan hiburan, gue tiba-tiba mendengar suara microwave dan suara air keran di tempat cuci piring. Dari sini lah gue berhasrat untuk bertutur kata tentang isi rumah 'kost' yang gue tempati untuk beberapa bulan ke depan. :D

Bottlebrush adalah nama rumah kami, rumah ini terdiri dari dua tingkat, di lantai satu ada 5 orang penghuni dan di lantai dua, di mana gue tinggal, ada 7 orang gadis hidup bersama. 7 orang gadis Asia; 2 orang Malaysia, 2 Indonesia, 1 India, 1 Korea, dan 1 Vietnam. Lantai 1 dan lantai 2 tidak menyatu, jadi tangganya di luar rumah, makanya gue tidak mengenal yang di lantai bawah.
Tempat di mana biasanya kami bertemu adalah dapur yang juga bersambungan dengan meja makan, sofa dan TV. Nah di sinilah biasanya terjadi kericuhan (baca: berantakan). Hahaha. Tapi untuk semester ini, salah satu dari mereka ternyata ada yang bersih banget. Tadi siang gue liat, habis masak, dia ga lupa lap kompornya. Very nice girl!

Dari antara mereka, gue lah yang paling tuir, trus kayaknya gue paling ansos, hahaha. Jarang keluar kamar selain masak, mandi, makan dan cuci piring. Satu hosmet gue pernah nanya "ke mana aja lo kok ga keliatan belakangan ini, di kamar terus ya?" (pake bahasa Inggris) :D jadi merasa diperhatikan. Sejak itu gue jadi mulai makan di meja makan nih, biasanya abis masak gue bawa ke dalem kamar. Hahaha. Trus sekarang gue mulai mau sering-sering menampakkan diri deh. Biar eksis. :p

Awalnya gue punya kesan buruk sama si hosmet dari negara I (bukan Indo), gue pikir dia tukang minta-minta makanan dsb, udah gitu suka berisik, tapi pas gue nyampe pertama kali aja, dia bantuin gue banget, trus ya dia itu yang nanya gue kenapa di kamar terus. Hehehe. Ternyata dia perhatian sekali. Memang ya, kita yang berasal dari berbagai negara itu memiliki budaya masing-masing makanya di situlah gue belajar buat toleransi dan saling memahami satu sama lain.
Terus, hosmet dari negara V, dia itu 'ngasal' banget, (pernah suatu kali dia lagi ke kamar gue, duduk di kasur, main angkat kaki aja di atas kasur huaa) tapi dia lah yang paling ramah dan sering nangkring di depan TV. Bahkan waktu awal gue dateng minggu lalu, gue merasa dia rajin bener nonton drama seri Korea. Haha. Ternyata, dia itu bosen, trus sempet minta film yang gue bawa dari Indo, tapi sayang, ga bisa ditransfer ke laptopnya. :(
Salah satu hosmet dari negara M, dia yang agak pendiam tapi dia yang paling rapih dan bersih. Masih jarang ketemu dan ngobrol sih.
Sesama dari negara I, teman sebangsa dan setanah air, hehe.. Seorang gadis 17 tahun yang sangat dewasa.
Hosmet dari negara K, dia yang dulu pas awal dateng masih bingung banget dan sempet gue anterin buat belanja barang2 pokok, dan sekarang dia sudah pintar sepertinya :D. Gadis ini imut dan lucu.
Oya, 1 hosmet lagi dari negara M, hmmm dia juga orang yang baik2 saja dan menyenangkan.

Overall, semua baik-baik aja yah. Walaupun ya ada beberapa hal yang kadang ngeselin, kayak kulkas berantakan, makanan2 bekas masak banyak yang nempel di kompor, panci2 ditinggal belom dicuci, dsb. Tapi ya, balik lagi aja ke masing-masing dan lama-lama udah biasa aja dengan hal ini. Dan kalo emang pas liat, ya dibersiin sendiri aja. Emang perbedaan dari tindakan mereka itu bisa bikin kita melongo, contoh, masakan dari negara I (bukan Indo) yang sedep banget baunyaa, trus misalnya, salah satu dari mereka ada yang ngelap mayones yang agak beleber di ujung botol dengan lidahnya (*ouch), dsb.

Melihat karakter mereka satu-satu, gue jadi merasa sangat belajar untuk menghargai perbedaan. Menghargai perbedaan budaya dan juga karakter masing-masing orang. Di saat ada kesempatan tinggal bareng, di situlah gue bisa mengenal cara hidup mereka, bahkan cara makan mereka. :D

Okay, stop blogging. Back to reading!!

Kacamata gitta bersyukur bisa mendapat pengalaman ini!

2 comments:

purposeful said...

Very interesting, Git! :D

Brigitta said...

:D it is! I mean their way of living and how we respect to each other.. yet sometimes surprising :p
so interesting though!